10 Jalur Kereta Api Paling Ekstrem di Dunia

0
64

Serba7.com – Kereta sudah menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan di beberapa negara maju maupun berkembang.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berdampak pada modifikasi kereta yang semakin modern. Seperti halnya di Cina dan Jepang, kedua negara ini sangat getol dalam melakukan inovasi kereta termasuk kereta cepat.

Berbicara tentang kereta, salah satu hal penting dari transportasi ini adalah rel kereta (railway). Jalur rel ini harus dibangun dengan sangat hati-hati, agar bisa dilalui kereta dengan aman.

Namun tahukah kamu, ada beberapa jalur kereta yang dibangun dan berada di jalur yang terbilang ekstrim di dunia. Salah satu jalur yang paling ekstrem itu juga ada di Indonesia.

Penasaran di negara mana saja jalur kereta terekstrim di dunia? Berikut informasinya:

Kuranda Scenic Railway (Australia)
Outeniqua Choo Tjoe
Outeniqua Choo Tjoe (Foto : www.outeniquachootjoe.co.za)

Jalur kereta ini dibangun dari Cairns, Queensland ke Kuranda. Saat ini jalur kereta Kuranda tidak lagi digunakan untuk pelayanan kereta reguler. Jalur ekstrem ini hanya untuk kebutuhan wisata saja, dan beroperasi setiap hari.

Pembangunan rel kereta ini di mulai pada tahun 1886 dan selesai tahun 1891. Pada 26 Maret 2010 terjadi kecelakan karena kereta tergelincir. Lima penumpang dilaporkan menderita luka-luka dalam insiden itu.

Argo Gede Train Railroad (Indonesia)
Jalur Argo Gede
Jalur Argo Gede (Foto : www.pinterest.com)

Jalur Argo Gede dilewati kereta tujuan Bandung-Jakarta. Hanya butuh waktu 3 jam perjalanan dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya.

Selama perjalanan penumpang akan disajikan pemandangan gunung yang hijau, lembah sungai yang dalam, dan melewati jembatan Cikurutug.

Tahun 2002 ada kereta yang tergelincir di jalur kereta Argo Gede. Tidak ada korban dalam kejadian itu.

Outeniqua Choo – Tjoe Train (Afrika Selatan)
Kuranda Scenic Railway
Kuranda Scenic Railway (Foto : www.kurandainfo.com)

Jalur kereta ini beroperasi antara George dan Knysna di provinsi Western Cape di Afrika Selatan. Jarak kedua kota ini 67 kilometer.

Jalur kereta yang dibangun antara tahun 1924 dan 1928. Rute ini adalah surga bagi anda yang ingin melihat Rute Taman Afrika Selatan atau keajaiban Cape-Gauge.

Cumbres And Toltec Scenic (New Mexico)
Cumbres And Toltec Scenic
Cumbres And Toltec Scenic (Foto : Youtube)

Jalur kereta yang dibangun pada tahun 1880 ini menghubungkan Chama, New Mexico dengan Antonito, Colorado, dengan jarak 64 mil.

Puncak jalur Cumbers berada 10.015 kaki diatas permukaan laut. Sepanjang perjalanan 64 mil anda akan dimanjakan dengan ribuan pohon aspen.

Tren A Las Nubes (Argentina )
Tren A Las Nubes
Tren A Las Nubes (Foto : www.welcomeargentina.com)

Tren A Las Nubes adalah jalur tertinggi ketiga di dunia. Rutenya berangkat dari kota Salta dan berakhir di La Polvorilla Viaduct, Argentina. Dimana akan melewati Polvorilla Aqueduct yang berada 13.000 kaki diatas permukaan laut atau 4.000 meter.

Train to the Clouds arti dari Tren A Las Nubes, jalur kereta yang letaknya di Argentina bagian ini tidak pernah kehilangan daya tariknya.

White Pass and Yukon Route (Alaska, Amerika Serikat)
White Pass and Yukon Route
White Pass and Yukon Route (Foto : Port Shopping Spree)

Di bangun tahun 1898 selama Klondike Gold Rush. Jalur kereta White Pass and Yukon Route baru selesai dibangun pada tahun 1900 . Pembangunan ini  menghabiskan dana lebih dari 10 juta dolar Amerika.

Rute kereta ini dikenal dengan “The Scenic Railway of the World” yang menghubungkan Skagway dan Whitehores, yang ada di wilayah Yukon, Alaska.

Chennai Rameswaram Route (India)
Chennai Rameswaram Route
Chennai Rameswaram Route (Foto : Railway Technology)

Jalur kereta Chennai ke Rameswaram melewati jembatan Pamban Bridge yang di bangun pada tahun 1914. Jalur ini menjadi salah satu spot wisata bagi para turis mancanegara.

Pamban Bridge adalah jembatan pertama yang dibangun di atas laut di India dan terpanjang di India 6776. Pamban Bridge ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Georgetown Loop Railroad (Colorado, Amerika Serikat)
Jalur kereta Georgetown Loop Railroad
Jalur kereta Georgetown Loop Railroad (Foto : Scenic USA)

Jalur kereta ini selesai di bangun pada tahun 1884, dan beroperasi dari tahun 1899 hingga 1938.

Kini jalur kereta ini diambil alih oleh Colorado Historical Society dan dikelola menjadi objek wisata untuk turis lokal maupun manca negara.

Aso Minami Route (Japan)
Aso Minami Route
Aso Minami Route (Foto : Pinterest)

Rute kereta ini menghubungan Stasiun Tateno, Minamiaso dan Stasiun Takamori, Takamori. Dibuka pada tahun 1928.

Jalur kereta ini termasuk ekstrem karena melewati gunung berapi aktif, yang bisa erupsi kapan saja. Disarankan untuk mengunjungi tempat di bulan November ketika hutan dibakar oleh magma yang panas.

The Death Railway (Thailand)
The Death Railway
The Death Railway (Foto : www.youtube.com)

The Death Railway juga dikenal dengan Burma Railway. Diberi nama Death Railway karena lebih dari seratus ribu pekerja yang meninggal dalam 16 bulan selama pembangunannya dari tahun 1942-1943.

Rute kereta ini menghubungkan Bang Pong, Thailand dengan Thanbuyuzayat, Burma yang jaraknya 250 mil.

Facebook Comments
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here