7 Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami


7 Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami, Serba7.com – Salah satu masalah yang paling umum dihadapi setiap orang adalah bau mulut. Ya, bau mulut bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang status sosial.

Bau mulut yang tidak sedap tentu akan sangat mengganggu. Masalah ini membuat orang tak percaya diri dan enggan untuk berbicara atau bersosialisasi dengan orang-orang sekitar.

Ada banyak penyebab masalah bau mulut, mulai dari kebiasaan lupa menggosok gigi hingga karena penyakit. Masalah bau mulut tidak saja berdampak pada kehidupan sosial seseorang, namun juga kesehatan.

Cara mengatasi bau mulut
Cara mengatasi bau mulut (Foto : MalayalamEmagazine.com)

Untuk itu, menjaga kesehatan mulut agar tidak berbau tak sedap adalah sebuah kewajiban. Lalu, bagaimana cara mengatasi bau mulut secara alami? Ikuti petunjuk berikut ini :

Rajin menggosok gigi secara teratur

Menggosok gigi harus menjadi sebuah kebiasaan dan kewajiban. Ini adalah bagian dari gaya hidup yang sehat. Rajin menggosok gigi membantu menghilangkan kotoran pada gigi dan lidah yang berpotensi menimbulkan bau tak sedap.

Disarankan untuk menggosok gigi secara teratur namun tidak berlebihan. Terlalu sering menggosok gigi bisa berdampak pada berkurangnya air liur dalam mulut.

Baca juga : 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi buah-buahan

Salah satu cara paling alami untuk mencegah dan mengatasi bau mulut adalah dengan makan buah-buahan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pear, jeruk, semangka dan lain-lain.

Berkumur dengan garam

Menggosok gigi tidaklah cukup untuk menjaga gigi tetap bebas dari bau mulut. Disarankan untuk berkumur dengan garam usai menggosok gigi. Lakukan cara ini secara rutin agar mulut terhindar dari bau tak enak.

Berhenti merokok

Rokok menjadi salah satu penyebab bau mulut bagi para perokok aktif. Selain tidak baik bagi kesehatan, rokok juga berpengaruh buruk pada mulut dan bibir seseorang. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi permen atau peppermint untuk mengurangi ketergantungan pada rokok.

Sarapan pagi

Sarapan pagi tidak saja bermanfaat untuk menambah tenaga guna beraktivitas. Namun, sarapan juga berfungsi memproduksi air liur yang bermanfaat mengurangi bau mulut.

Baca juga : 7 Manfaat Air Kelapa bagi Kecantikan Wanita

Konsumsi teh hijau atau daun sirih

Mengonsumsi teh hijau di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan guna mengatasi bau mulut. Teh hijau banyak mengandung anti-oksidan yang berperan penting membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut. Cara lainnya dengan mengonsumsi daun sirih sebagai “pencuci mulut” agar mulut tetap bersih.

Hindari makanan berbau

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang memiliki aroma khas yang kadang tak disukai banyak orang. Untuk itu, hindari makanan seperti durian, petai dan jengkol agar bebas dari bau mulut tak sedap.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan SHARE artikel ini agar semakin banyak orang tahu dan peduli dengan masalah bau mulut.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Like Like
0
Like
OMG OMG
0
OMG
LOL LOL
1
LOL
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
1
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in

Send this to a friend