7 Fakta Kekuatan Militer Korea Utara yang Tidak Banyak Diketahui Orang


Kekuatan militer Korea Utara (Foto: CNN)

7 Fakta Kekuatan Militer Korea Utara yang Tidak Banyak Diketahui Orang, Serba7.com – Negara Korea Utara dikenal sebagai negara sosialis yang sangat tertutup dengan dunia internasional. Tak banyak informasi mengenai negara yang berbatasan langsung dengan Korea Selatan dan Tiongkok itu.

Selama ini, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un dikenal sebagai pemimpin yang diktator. Dia lebih fokus membangun kekuatan militer negara ketimbang kesejahteraan masyarakat Korea Utara.

Tak heran, kebijakannya yang kontroversial itu kerap mendapatkan sorotan dari dunia internasional, terlebih Amerika Serikat. Namun, Kim Jong-un tetap keras kepala membangun kekuatan senjata nuklir dan terus melawan hegemoni Amerika Serikat.

Pada Agustus 2017 Korea Utara bahkan mengancam akan menyerang Pulau Guam, yang merupakan basis militer Amerika Serikat di Samudera Pasifik.

Bahkan baru-baru ini Korea Utara kembali membuat kejutan setelah sukses melakukan uji coba bom hidrogen. Bom hidrogen ini berkekuatan ledak besar, diprediksi 10.000 kali lebih besar dari kekuatan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Uji coba bom itu bahkan menciptakan gempa bumi buatan 6,3 Skala Richter.

Korea Utara yang kini berdiri di baris paling depan menantang Amerika Serikat tentu bukan tanpa alasan. Apalagi, musuh yang dihadapi adalah negara adidaya dengan kekuatan militer terbaik.

Lalu, bagaimana Korea Utara akan menghadapi Amerika jika perang antarkedua negara itu benar-benar terjadi? Berikut ini ulasan 7 kekuatan militer Korea Utara yang tidak banyak diketahui orang.

#1 Sumber Daya Manusia
Tentara Korea Utara (Foto: News.com.au)

Salah satu aset penting dalam perang adalah sumber daya manusia. Korea  Utara memiliki total populasi penduduk hingga 25 juta jiwa.

Adapun jumlah tentara yang saat ini aktif mencapai 945.000 jiwa. Jumlah  ini sangat sedikit dibanding jumlah tentara cadangan yang mencapai 5,5 juta jiwa.

Namun, jumlah tentara Korea Utara bisa bertambah dua kali lipat jika masyarakat sipil ikut dilibatkan dalam perang itu. Apalagi, selama ini Korea Utara memberlakukan program wajib militer sehingga masyarakatnya pun memiliki kemampuan militer yang baik.

#2 Kekuatan Angkatan Udara
Pesawat Korea Utara (Foto: http://www.businessinsider.com)

Korea Utara memiliki 458 jet tempur, 572 pesawat pemukul, 202 helikopter multi fungsi, 20 helikopter tempur, dan 100 pesawat pengangkut sejenis Hercules.

Kebanyakan pesawat Korea Utara adalah pesawat-pesawat lama. Belum diketahui pasti pesawat terbaru yang dipakai militer Korea saat ini. Namun kemungkinan besar menggunakan jet tempur buatan Rusia atau Tiongkok.

#3 Kekuatan Angakatan Darat
Kekuatan Darat Korea Utara (Foto: CNN)

Untuk menunjang kekuatan militer di darat, Korea Utara memiliki 5.025 tank tempur, 4.100 kendaraan tempur taktis sejenis Baracuda di Indonesia, 2.200 kendaraan artileri, 2.400 kendaraan dengan roket dan 4.300 artileri
tarik.

#4 Kekuatan Angkatan Laut
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bersama para tentara AL (Foto: Aljazeera.com)

Untuk menjaga ruang gerak musuh menyerang dari laut, Korea Utara memiliki sejumlah kekuatan tempur yang mumpuni. Negara dengan ibukota Piyongyang ini mempunyai 1 1 kapal tempur fregat, 2 kapal perang jenis korvet, 76 kapal selam, 438 kapal patroli dan 25 kapal ranjau.

#5 Keuangan
Korea Utara (Foto: http://www.institutionalinvestor.com)

Salah satu faktor penting untuk mempertahankan wilayah adalah anggaran pertahanan dan keamanan. Korea Utara mengalokasikan dana hingga 7,5 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 100 triliun lebih untuk anggaran
pertahanan.

#6 Skala Global
Korea Utara (Foto: Mynorthkorea)

Korea Utara menempati urutan ke-23 dari 133 negara terkuat di dunia versi Global Fire Power untuk skala global atau internasioanl. Tentu ini kalah jauh dari Amerika Serikat yang berada di posisi puncak.

Korea Utara bahkan tertinggal dari Indonesia ke-14, Taiwan di posisi ke-18 dan negara tetangganya, Korea Selatan di posisi ke-12.

#7 Senjata Nuklir

Senjata nuklir Korea Utara (Foto: BBC)

Salah satu hal yang sulit untuk didapatkan terkait peta kekuatan Korea Utara adalah kepemilikan senjata. Korea Utara yang dikenal sebagai negara tertutup, dari tahun ke tahun terus melakukan inovasi senjata nuklir dan hidrogen.

Tak banyak yang tahu berapa jumlah misil nuklir dan hidrogen yang dimiliki negara berdiri apd 9 September 1948 itu. Kekuatan senjata Korea Utara, baik nuklir, hidrogen hingga senjata biologi, bisa menjadi kekuatan tersembunyi yang tidak banyak diketahui musuh.

Itu tadi ulasan 7 kekuatan militer Korea Utara yang tidak banyak diketahui orang. Semoga artikel ini berguna. Jangan lupa SHARE jika berkenan.

Sumber : Global Fire Power

Berikan Komentar Anda!


Like it? Share with your friends!

0
13 shares

What's Your Reaction?

Like Like
0
Like
OMG OMG
0
OMG
LOL LOL
1
LOL
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
1
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Love Love
1
Love
Win Win
0
Win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in

Send this to a friend