7 Makanan untuk Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

0
37

7 Makanan untuk Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Serba7.com – Pada umumnya, tekanan darah tinggi lebih banyak terjadi pada orang tua karena faktor usia. Namun, pada beberapa kasus, pria dan wanita muda juga beresiko mendapatkan penyakit ini.

Tubuh yang mengalami tekanan darah tinggi rentan terhadap penyakit stroke, serangan jantung dan aneurisma. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi
Cara menurunkan tekanan darah tinggi (Foto : Howcast.com)

Tekanan darah tinggi sendiri mengacu pada kemampuan atau kekuatan dara saat bergerak melalui arteri atau pembuluh nadi. Tekanan ini bergerak dan tak selalu konstan.

Saat terjadi tekanan tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka yang terjadi adlah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Ada berbagai cara untuk menghindari gangguan tekanan darah. Selain rutin berolahraga, cara lain yang juga efektif adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi.

Makanan apa saja yang bisa membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut ulasannya :

Bayam
Manfaat bayam bagi tubuh
Manfaat bayam bagi tubuh (Foto : SolusiSehatku.com)

Sayuran hijau ini kaya akan sumber magnesium yang baik bagi tubuh. Kandungan magnesium itu berkhasiat untuk menjaga tubuh terhindar dari penyakit jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Kandungan folat di dalam bayam juga berperan penting menjaga tubuh dari homosistein atau asam amino yang mengandung sulfur (bahan kimia berbahaya).

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat asam amino di dalam plasma darah dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Untuk itu, mengonsumsi bayam dipandang perlu guna mencegah penyakit berbahaya ini.

Biji Bunga Matahari
Manfaat kuaci bagi kesehatan tubuh
Manfaat kuaci bagi kesehatan tubuh (Foto : www.pegipegi.com)

Biji bunga matahari atau kuaci juga kaya akan magnesium yang berkhasiat menjaga tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung pitosterol yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Kolesterol tinggi adalah pemicu tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah sehingga tekanan menjadi tidak konstan.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi kuaci segar tanpa diberi garam. Ini dimaksudkan agar khasiat alami kuaci tetap terjaga.

Kacang-kacangan
Manfaat Kacang-kacangan bagi tubuh
Manfaat Kacang-kacangan bagi tubuh (Foto : tokoherbaltasik.com)

Salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi adalah kacang-kacangan. Jenis kacang seperti almond, kacang tanah , dan kacang merah mengandung potasium dan magnesium yang banyak. Potasium dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

Pisang
Manfaat Pisang bagi tubuh
Manfaat Pisang bagi tubuh (Foto : www.buahaz.com)

Dibalik rasanya yang lezat, pisang juga memiliki khasiat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah ini mengandung kalium dan serat yang tinggi. Kedua nutrisi ini sangatbaik untuk mencegah penyakit jantung.

Sebuah laporan penelitian menyebutkan jika mengonsumsi satu pisang sehari cukup untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Kedelai
Manfaat Kedelai bagi tubuh
Manfaat Kedelai bagi tubuh (Foto : http://www.manfaatcantiksehat.com)

Ada banyak manfaat mengonsumsi kacang kedelai bagi kesehatan tubuh. Kacang kedelai bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Kacang kedelai kaya akan kandungan isoflavon yang sangat baik bagi kesehatan.

Kentang
Manfaat Kentang bagi tubuh
Manfaat Kentang bagi tubuh (Foto : www.solusisehatku.com)

Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi manusia. Kentang kaya akan serat, potasium dan mineral. Ketiganya bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

Cokelat pekat atau dark chocolate
Manfaat cokelat pekat bagi tubuh
Manfaat cokelat pekat bagi tubuh (Foto : NDTV Food)

Kandungan flavonoid banyak ditemukan di dalam cokelat. Flavonoid sangat penting untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, flavonoid berfungsi untuk memproduksi nitrat okisida. Nitrat oksida akan membuat otot-otot sekitar pembuluh darah atau arteri menjadi lebih relaks sehingga aliran darah meningkat.

Semoga artikel ini bermafaat bagi Anda. Silakan di Share agar semakin banyak yang tahu.

Facebook Comments
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here