7 Makanan Yang Bisa Membuatmu Terlihat Awet Muda


Serba7.com – Setiap orang pastinya ingin selalu terlihat muda, dengan rambut yang sehat dan berkilau, kulit yang lembut dan wajah tanpa keriput.

Khusus kaum perempuan, kerutan di wajah (penuaan dini), rambut yang beruban sebelum masa tua adalah masalah besar. Hal itu tidak saja merusak penampilan, tetapi juga menurunkan rasa percaya diri.

Saat ini ada banyak cara perawatan agar semua tetap terlihat muda. Perawatan kecantikan dengan teknologi modern dan kosmetik yang semakin bervariasi memberikan banyak pilihan.

Namun, tak jarang perawatan demikian membutuhkan biaya yang tak sedikit. Salah satu solusi untuk mengatasi hal itu adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat.

Asupan nutrisi dari makanan yang tepat yang sehat bisa memberikan efek positif bagi tubuh seperti menjaga kulit tetap sehat, membuat rambut tak cepat uban dan memperlambat penuaan dini. Makanan apa saja itu?

Berikut 7 makanan yang bisa membuat kamu terlihat lebih muda :

Jamur Shiitake
Manfaat jamur shiitake
Manfaat jamur shiitake (Foto : Youtube.com

Memiliki rambut putih atau uban di usia yang masih muda tentunya mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Salah satu penyebab rambut putih karena kurangnya senyawa atau zat tembaga dalam tubuh. Zat tembaga ada dalam tubuh manusia yang memiliki banyak manfaat seperti menjaga sistem imun tubuh, melancarkan sistem saraf dan produksi sel darah.

Sebuah studi di jurnal Biological Trace Elemental Research menemukan adanya rambut putih (di usia dini) karena tingkat tembaga yang secara siginifikan sangat rendah.

Tubuh membutuhkan senyawa tembaga untuk memproduksi pigment dikulit dan rambut. Untuk mendapatkan senyawa tersebut jamur shiitake adalah salah satu sumber terbaik.

Konsumsi jamur shiitake yang rutin bisa menjaga rambut tetap hitam alami dan tidak cepat uban. Pengolahan jamur ini bisa dibuat dalam bentuk sayur yang bisa dikonsumsi dengan nasi dan lauk lain.

Ubi Jalar
Manfaat Ubi Jalar
Manfaat Ubi Jalar (Foto : Youtube.com

Sebuah studi Journal Evolution and Human Behaviour menunjukan bahwa mengonsumsi buah-buahan, sayur-mayur dan umbi-umbian bisa membuat lebih sehat dan atraktif.

Salah satu umbi-umbian yang direkomendasikan adalah ubi jalar. Beta Karotin yang terkandung dalam ubi jalar bisa membuat pH kulit seimbang, membantu melawan kulit yang kering, membantu pergantian sel, dan menghasilkan kulit yang halus.

Tomat
Manfaat tomat
Manfaat tomat (Foto : Youtube.com

Tomat adalah salah satu bahan makanan yang bisa membantu kamu terlihat lebih muda. Pigmen lycopene yang ada dalam tomat adalah antioxidant yang kuat yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain itu, lycopene juga berfungsi memperkuat kulit dengan menghambat aktivitas kolagenase-enzim yang terlibat dalam pemecahan kolagen di kulit. Kolagen membantu memastikan keteguhan dan elastisitas kulit Anda dan mencegah kerutan.

Menurut hasil penelitian CMAJ (Canadian Medical Association Journal) menemukan bahwa resiko penyakit kronis serius seperti kanker berkurang dengan peningkatan konsumsi tomat.

Sirup Maple
Manfaat Sirup Marple
Manfaat Sirup Marple (Foto : Youtube.com

Sirup Maple akan memberikan manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Kandungan antioxidant yang ada dalam sirup maple adalah anti aging yang natural yang bisa melawan penuaan dini.

Selain itu, sirup maple juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh denga adanya antioxidant dan zinc yang terkandung, dan sifatnya yang anti flamasi.

Hasil penelitian yang dimuat di Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2007 menemukan bahwa sirup maple mengandung polifenol yang merangsang pelepasan insulin melalui sel-sel pankreas, membuat sirup bermanfaat bagi orang-orang dengan sindrom metabolik dan diabetes.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sirup maple bisa dicampur dengan oats dan yoghurt sebelum oleskan pada kulit. Kombinasi ini membuat masker kulit alami dan hydrating dengan efek antibakteri yang baik.

Sayuran Hijau
Manfaat sayur hijau
Manfaat sayur hijau (Foto : Youtube.com

Cara sederhana untuk mencegah penuaan kulit dan keriput adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Seperti sayuran bayam, kale dan sayuran hijau lainnya yang dengan mudah didapatkan dipasar atau supermarket.

Sayuran hijau mengandung lutein, yang dapat melindungi kulit dari peradangan karena sinar matahari dan keriput.

Menurut United State Department of Agriculture, makan 2-3 porsi sayuran hijau setiap hari dapat menurunkan resiko seseorang dari kanker kulit.

Alpukat
manfaat alpukat
manfaat alpukat (Foto : Youtube.com

Alpukat juga mengandung vitamin A dan E yang berfungsi sebagai anti oxidant dan anti aging serta membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kulit wajah yang rusak.

Vitamin E sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi radikal bebas dari sinar ultra violet yang bisa merusak kulit.

Bawang Putih
manfaat bawang putih
manfaat bawang putih (Foto : Youtube.com

Bawang tidak saja bermanfaat sebagai bumbu masakan. Bawang sangat bermanfaat bagi tubuh karena kaya akan quarcetin, antioksidan yang melindungi kulit dari keriput dan penuaan dini.

Sebuah studi membuktikan jika bawang bisa menyelamatkan dari sinar UVB yang berbahaya. Bawang putih bisa dikonsumsi bersama sayur dan sup yang dimasak.


Like it? Share with your friends!

1
5 shares, 1 point

What's Your Reaction?

Like Like
0
Like
OMG OMG
0
OMG
LOL LOL
0
LOL
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in

Send this to a friend