7 Negara yang Pernah Pindahkan Ibu Kota

0
50

Serba7.com – Dalam beberapa hari terakhir ini wacana terkait pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya terus bergulir. Bahkan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan instruksi kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas untuk melakukan kajian lebih mendalam.

Wacana ini langsung menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Pihak yang pro dengan wacana ini memandang sudah saatnya pusat pemerintahan Indonesia pindah ke kota lain mengingat semakin padatnya Jakarta saat ini.

Pemindahan ibu kota Indonesia
Jakarta, Indonesia (Foto : http://jakarta.panduanwisata.id/)

Adapun pihak yang kontra menilai pemindahaan ibu kota negara bukan saat yang tepat di tengah situasi ekonomi Indonesia yang belum kondusif.

Jika pemerintah Indonesia benar-benar akan menjalankan wacana itu, ada baiknya belajar dari pengalaman 7 negara yang sudah memindahkan ibu kota negaranya.

Negara mana saja yang pernah memindahkan ibu kota? Simak ulasan berikut ini.

Lagos -> Abuja (Nigeria)
Ibukota negara pindah
Abuja Nigeria (Foto : http://www.tourist-destinations.com)

Nigeria adalah salah satu negara yang pernah memindahkan ibu kota negaranya. Awalnya, ibu kota Nigeria berada di Kota Lagos yang merupakan pusat ekonomi dan bisnis.

Pemerintah Nigeria resmi memindahkan ibu kota ke Abuja pada tahun 1991. Kebijakan itu dibuat karena kota Lagos yang semakin padat.

Saat ini Abuja tumbuh sebagai salah satu kota dengan perkembangan pesat di dunia. Menurut catatan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kota Abuja mengalami pertumbuhan 139 persen dari tahun 2000 hingga 2010.

Yangon -> Naypyitaw (Myanmar)
Ibukota negara pindah
Naypyitaw Myanmar (Foto : www.thedailybeast.com)

Negara yang dipimpin oleh junta militer ini memindahkan ibukota negara ke Naypyitaw yang jaraknya 200 mil dari ibu kota negara yang lama Yangon (Rangoon).

Naypyitaw resmi penjadi ibu kota Myanmar pada  6 November 2005.

Di Naypyitaw bisa dijumpai Pagoda Uppatasanti dan sejumlah bagungan kuno pada masa kolonial, dan juga rumah kediaman pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi.

Pemerintah Myanmar beralasan pemindahan ibu kota negara ini karena Yangon sudah sangat padat. Naypyitaw dipilih sebagai ibu kota yang baru karena letaknya yang berada di tengah negara.

St Petersburg -> Moskow (Rusia)
Ibukota negara pindah
Moskow Rusia di malam hari (Foto : Wallpaper Awesome )

Sebelum pindah ke Moscow, ibu kota negara Rusia adalah St Peterburg (1712-1917). St Petersburg didirikan oleh Peter the Great pada tahun 1703.

Kota yang berada di Barat wilayah Rusia ini ditata sesuai dengan perencanaan kota pencerahan Eropa Barat. Untuk itu, kota St Petersburg mendapat julukan “Jendela ke Barat” atau “Window to the West”.

Setelah selesai revolusi pada tahun 1917, pemerintah Uni Soviet memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke Moskow hingga saat ini.

Karachi -> Islamabad (Pakistan)
Ibukota negara pindah
Islamabad, Pakistan (Foto : commons.wikimedia.org)

Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kota negaranya dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1959. Proses konstruksinya dimulai pada tahun 1961 dan baru selesai 10 tahun kemudian.

Pemindahan dilakukan karena kota Karachi sudah sangat padat. Kini, populasi penduduk di Karachi mencapai 14 juta jiwa. Sedangkan Islamabad yang menjadi ibu kota Pakistan saat ini dihuni kurang lebih 900.000 jiwa penduduk.

Rio de Janeiro -> Brasilia (Brasil)
Ibukota negara pindah
Brasilia, Brasil (Foto : http://hdwallpaperpark.com )

Ibu kota negara Brazil berpindah dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada 21 April 1960. Brasilia terkenal dengan bangunannya yang di desain oleh arsitektur Oscar Niemeyer.

Saat ini Brasilia menjadi kota paling padat keempat di Brasil. Kota ini awalnya dirancang untuk menampung kurang lebih 500.000 penduduk. Namun kini penduduk di Brasilia sudah lebih dari 2 juta orang.

Pemerintah Brasil memilih memindahkan ibu kota ke Brasilia karena Rio de Janerio semakin padat. Saat ini populasi penduduk di Rio de Janerio mencapai 10 juta jiwa. Kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 ini kini menjadi kota terbesar keempat di dunia.

Almaty -> Astana (Kazakhstan)
Ibukota negara pindah
Kota Astana, Kazakhstan (foto : Wikipedia)

Astana termasuk salah satu ibu kota negara yang baru, direncanakan sebagai ibukota negara pada tahun 1997. Sebelumnya ibukota negara ada di Almaty yang sekarang masih menjadi pusat perdagangan dan jumlah populasi yang banyak.

Astana juga sudah berganti nama beberapa kali. Kota ini pertama kali diberi nama Akmoly pada tahun 1830, kemudian berubah nama menjadi Akmolinsk pada 1832, dan berubah nama menjadi Tselinograd pada tahun 1961.

Tahun 1992 kota ini mengganti nama menjadi Akmola dan di tahun 1998 kembali diganti dengan nama Astana hingga kini.

Astana dalam Bahasa Kazak berarti ibu kota. Kota Astana terletak di Provinsi Aqmola dan dihuni kurang lebih 800.000 penduduk berdasarkan sensus tahun 2014 silam.

Dar es Salaam -> Dodoma (Tanzania)
Ibukota negara pindah
Dodoma Tanzania (Foto : www.smileplanet.ru)

Tanzania termasuk salah satu negara yang memindahkan ibu kota negaranya. Awalnya, ibu kota negara berada di Dar es Salaam kemudian dipindahkan ke Dodoma.

Prose pemindahan ibu kota dimulai sejak tahun 1973. Kendati telah dimulai sejak lama, pada kenyataannya proses pemindahan itu belum juga berakhir.

Pasalnya, berbagai rencana pembangunan tidak juga membuahkan hasil. Akibatnya, pemindahan ibu kota Tanzania macet hingga saat ini.

Selain 7 negara tersebut, masih ada beberapa negara yang juga pernah memindahkan ibu kota negara seperti Abidjan -> Yamoussoukro (Pantai Gading),  Belize City -> Belmopan (Belize).

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Akankah Indonesia sukses memindahkan ibu kota negaranya?

Penulis : Verli

Facebook Comments
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here