7 Sungai Paling Tercemar di Dunia. Nomor 4 dari Indonesia

0
90

7 Sungai Paling Tercemar di Dunia. Nomor 4 dari Indonesia, Serba7.com – Sungai merupakan aliran air dengan jumlah yang besar dan mengalir terus menerus sepanjang dari sumber di hulu ke bagian hilir atau muara.

Sungai memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain menjadi sumber air yang melimpah untuk kebutuhan manusia seperti kebutuhan akan air dan irigasi, sungai juga menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan air tawar.

Lebih dari itu, sungai dengan panorama yang indah, seperti sungai Amazon di Amerika Seltan, bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata. Potensi besar pariwisata ini tentu akan ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Lalu, bagaimana dengan sungai yang sudah tercemar akibat ulah manusia? Misalnya limbah sampah rumah tangga seperti sampah plastik hingga limbah industri yang berbahaya karena mengandung bahan kimia.

Limbah jenis ini yang merusak keindahan sungai dan ekosistem sungai. Sungai yang sudah tercemar, juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

Di dunia ini, sudah begitu banyak sungai yang tercemar karena tindakan manusia. Namun, dalam artikel ini akan dibahas 7 sungai yang paling tercemar di dunia :

Sungai Gangga, India
Sungai Paling Tercemar di Dunia
Sungai Gangga India (Foto: http://indiapollutionproject)

Sungai Gangga merupakan sungai terbesar ketiga di dunia sekaligus sungai yang paling tercemar di dunia. Di sini, terdapat banyak limbah dari rumah tangga dan industri.

Kendati sangat tercemar, sungai ini menjadi salah satu simbol suci dan penting bagi masyarakat di India. Sungai Gangga lebih dari sekedar sungai, karena bagi sebagian orang India mempercayai bahwa sungai Gangga adalah perwujudan dari dewi Gangga.

Oleh karena itu, mengupayakan kebersihan sungai Gangga adalah hal yang paling penting. Pemerintah India telah berupaya membersihkan sungai ini sejak lama, bahkan The Gangga Action Plan dimulai pada tahun 1985.

Namun, salah satu upaya terbaik untuk membersihkan sungai paling tercemar di dunia ini gagal karena kekurangan dana. Apalagi, masyarakat sekitar sungai pun masih memiliki kesadaran yang rendah untuk bersama menjaga kebersihan dan keindahan sungai itu.

Sungai Mississipi, Amerika Serikat
Sungai Paling Tercemar di Dunia
Sungai Missisipi (Foto: Startribune)

Sungai Mississippi di Amerika Serikat diklaim sebagai sungai kedua yang paling tercemar di negara Paman Sam tersebut.

Berdasarkan laporan tahun 2012 Environment Missouri mengatakan bahwa sekitar 12.7 juta limbah racun dibuang ke sungai.

Banyak LSM lokal bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk mengatasi masalah itu, namun tetap kesulitan.

Sungai Sarno, Itali
Sungai Paling Tercemar di Dunia
Sungai Sarno di Italia (Foto: Wikiwand)

Sungai Sarno merupakan salah satu sungai paling tercemar di Eropa. Sungai ini mengalir dari selatan Itali dekat Pompeii dan Naples.

Sarno dianggap sebagai sumber kehidupan bagi orang-orang yang tinggal disekitar sungai. Tapi dalam beberapa tahun terakhir sungai Sarno mengalami degradasi.

Sampah perkotaan, limbah pertanian dan industri sebagai penyumbang utama tercemarnya sungai Sarno.

 

Sungai Citarum, Indonesia
Sungai Citarum Tercemar
Sungai Citarum (Foto: Outwardon)

Sungai yang letaknya di Jawa Barat, Indonesia ini juga dikenal sebagai salah satu sungai paling tercemar di dunia.

Tidak hanya sampah plastik saja tapi juga sungai Citarum digunakan sebagai tempat pembuangan limbah dari industri tekstil dan juga sampah rumah tangga.

Pemerintah Jawa Barat terus bekerja keras untuk mengatasi masalah itu dengan mengajak peran aktif masyarakat dalam mengatasi masalah kebersihan sungai itu.

Sungai Kuning, Tiongkok
Sungai Kuning Tiongkok
Sungai Kuning Tiongkok (Foto: macleans.ca)

Negara dengan penduduk terbesar di dunia ini juga memiliki sungai terpanjang di Asia dan keenam terpanjang di dunia.

Tapi kini Sungai Kuning yang mengalir dari Gunung Bayan Har di provinsi Qinghai ini tercemar. Salah satu penyebabnya karena perkembangan pesat industrialisasi di negara tirai bambu tersebut.

Berdasarkan informasi dari United Nations Environmental Program bahwa sekitar 4.29 milyar ton limbah industri pada tahun 1996. Bahkan setiap tahun sekitar 4 milyar ton limbah di buang ke sungai terpanjang tersebut.

Sungai Marilao, Filipina
Sungai Marilao Filipina
Sungai Marilao Filipina (Foto: Outwardon)

Sungai Marilao adalah salah satu sungai yang palin tercemar di dunia. Salah satu sumber utama pencemarannya berasal dari limbah tekstil, pembuangan kota dan tambang emas.

Bahkan organisasi lingkungan Greenpeace melakukan sebuah studi tentang masalah pencemaran di sungai Marilao dan menghasilan sebuah laporan yang diberi judul “Hidden Consequences”.

Sungai Buriganga, Bangladesh
Sungai Buriganga Balngladesh
Sungai Buriganga Balngladesh (Foto: Photoburst.net/Mahfuzul Hasan Bhuiyan)

Salah satu sumber air minum Dhaka berasal dari sungai Burganga. Namun, sungai ini kini sudah sangat tercemar.

Sungai Burigangga dipenuhi banyak sampah rumah tangga, limba industri, plastik dan hewan yang mati dibuang di sungai tersebut.

Berdasarkan laporan yang ada sekitar 4500 ton limba solid dibuang ke sungai setiap harinya. Kini pemerintah setempat masih bekerja keras untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli pada kebersihan sungai itu.

Sumber: dari berbagai sumber

Facebook Comments
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here